Search

Pemerintah Cari Bawang Putih ke Mesir, India dan Bangladesh - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah berupaya mengamankan pasokan bahan pangan yang didapatkan dari impor dari berbagai negara. Salah satunya bawang putih.

Seperti dikutip dari siaran pers, Jumat, 13 Maret 2020, pemerintah mengklaim hingga 10 Maret 2020, rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) bawang putih sebanyak 196.500 ton telah dikeluarkan. Sebanyak 34.800 ton sudah diterbitkan izin impornya oleh Kementerian Perdagangan.

Di sisi lain, untuk mengamankan pasokan dari negara produsen, pemerintah mengaku sedang mencari negara pemasok lain selain China. Dalam hal ini Mesir, Bangladesh dan India dituju sebagai negara asal impor bawang putih.

Di sisi lain, pemerintah juga menjamin ketersediaan pasokan pangan utama dan strategis bagi penduduk dengan harga terjangkau.

Bahan pangan utama dan strategis yang dimaksud adalah beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi atau kerbau, daging ayam, telur ayam, gula pasir dan minyak goreng.

Pemerintah mengatakan, dalam rentang waktu 6 bulan ke depan yakni Maret hingga Agustus 2020, termasuk menghadapi Ramadan dan Idulfitri, proyeksi ketersediaan 11 komoditas strategis dipastikan aman.

Sebagian besar pemenuhan pangan tersebut dipasok dari produksi dalam negeri, hanya komoditas bawang putih, daging sapi arau kerbau, dan gula pasir yang pemenuhannya sebagian masih melalui impor.

“Dampak terhadap sektor ekonomi tentu tidak dapat dielakkan lagi. Pertumbuhan ekonomi dunia diproyeksikan akan terkontraksi semakin dalam. Untuk itu, pemerintah memerhatikan isu-isu yang memerlukan kebijakan khusus,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers tentang Stimulus Ekonomi Kedua Penanganan Dampak Covid-19, Jumat, 13 Maret 2020.

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
March 13, 2020 at 05:23PM
https://ift.tt/2Qcvvbd

Pemerintah Cari Bawang Putih ke Mesir, India dan Bangladesh - Tempo
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemerintah Cari Bawang Putih ke Mesir, India dan Bangladesh - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.