Search

Basarnas Kirim Tim Cari Korban Tenggelam di Karangbolong - Suara Merdeka CyberNews


Basarnas Kirim Tim Cari Korban Tenggelam di Karangbolong

OPERASI PENCARIAN: Tim SAR Gabungan sedang mendorong perahu jukung yang akan digunakan untuk menyisir laut dalam Operasi SAR guna mencari korban tenggelam yang bernama Dariman (31), warga Desa Banjarharjo, Kecamatan Ayah, Kebumen. (suaramerdeka.com/dok)
OPERASI PENCARIAN: Tim SAR Gabungan sedang mendorong perahu jukung yang akan digunakan untuk menyisir laut dalam Operasi SAR guna mencari korban tenggelam yang bernama Dariman (31), warga Desa Banjarharjo, Kecamatan Ayah, Kebumen. (suaramerdeka.com/dok)

CILACAP, suaramerdeka.com - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Cilacap menerjunkan Tim Pencarian dan Pertolongan (search and rescue) ke Kabupaten Kebumen untuk mencari seorang pemancing yang tenggelam di depan Gua Lawa, Desa Karangbolong, Kebumen.

Pemancing yang tenggelam diketahui bernama Dariman (31), warga Desa Banjarharjo, Kecamatan Ayah, Kebumen. Peristiwa tersebut terjadi saat korban bersama dua rekannya yaitu Wahyudi (35), warga Dukuh Ketanggung RT 02 RW 01, Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kebumen dan Iwan Triono (34), warga Dukuh Dilem RT 01 RW 03, Desa Pasir, Kebumen sedang memancing di depan Gua Lawa yang berada di tebing karang Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Rabu (15/1), sekitar pukul 13.45 WIB.

"Kami telah mengirim Tim Pencarian dan Pertolongan gabungan melakukan pencarian terhadap seorang pemancing yang dilaporkan hilang akibat tenggelam ketika sedang memancing di depan Gua Lawa, Desa Karangbolong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah," kata Kepala Subseksi Operasi dan Siaga Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Cilacap, Mulwahyono di Cilacap, Kamis (16/1).

Menurut Mulwahyono, berdasarkan informasi yang diterima dari Heri Purwoto dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, korban diketahui bernama Dariman (31), warga Desa Banjarharjo, Kecamatan Ayah, Kebumen.

Korban terjatuh lalu tenggelam dan hilang ketika sedang memancing di depan Gua Lawa, tepatnya di tebing karang Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kebumen. Peristiwa tersebut terjadi pada hari Rabu (15/1) sekitar pukul 13.45 WIB.

Saat itu korban sedang memancing bersama dua rekannya yang bernama Wahyudi (35), warga Dukuh Ketanggung RT 02 RW 01, Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kebumen dan Iwan Triono (34), warga Dukuh Dilem RT 01 RW 03, Desa Pasir, Kebumen.

Ketika korban dan kedua rekannya sedang asyik memancing, tiba-tiba datang ombak besar, Ombak besar tersebut langsung menyapu mereka hingga jatuh ke laut. Wahyudi dan Iwan bisa menyelamatkan diri. Sedangkan Dariman masih sempat terlihat mengapung-ngapung di laut.

Melihat Dariman masih terlihat mengapung, Iwan dan Wahyudi mencoba menyelamatkan korban dengan mencari pelampung dan tambang. Akan tetapi nahas, Dariman terlanjur tenggelam.

"Saaat itu juga saksi Iwan dan Wahyudi segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak-pihak terkait. Laporan tersebut lalu diteruskan ke BPBD Kabupaten Kebumen dan Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap," kata Mulwahyono.

Kemudian Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Cilacap memberangkatkan Tim SAR sebanyak satu regu untuk menggelar operasi SAR guna mencari korban. Tim tersebut bergabung dengan tim lain yang telah lebih dulu melakukan pencarian di lokasi kejadian.

"Operasi pencarian pada hari Rabu (15/1) dilakukan sampai pukul 23.00 WIB. Namun korban atas nama Dariman belum ditemukan. Untuk itu Operasi SAR dilanjutkan pada hari Kamis (16/1) mulai pukul 07.00 WIB," kata Mulwahyono.

Pada operasi SAR hari Kamis (16/1), Tim SAR gabungan dibagi menjadi dua unit, masing-masing melakukan penyisiran melalui jalur darat dan laut. Penyisiran di laut dilakukan menggunakan dua perahu jukung.

Selain menerjunkan personil dari Basarnas Kantor SAR Cilacap, Operasi SAR ini juga melibatkan personel dari BPBD Kabupaten Kebumen, Koramil Ayah, Satpolair Polres Kebumen, SAR Tunas Kelapa, RAPI Kebumen, SAR Elang Perkasa, SAR Lawet Perkasa, SAR MTA dan Gertaks Kebumen.


(Agus Sukaryanto/CN19/SM Network)

Berita Terkait

Tirto.ID

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
January 16, 2020 at 12:13PM
https://ift.tt/30op2h4

Basarnas Kirim Tim Cari Korban Tenggelam di Karangbolong - Suara Merdeka CyberNews
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Basarnas Kirim Tim Cari Korban Tenggelam di Karangbolong - Suara Merdeka CyberNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.