Search

Kekurangan APD, Petugas Medis Kabupaten Bandung Cari Alternatif Lain - ayobandung.com

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Petugas medis memiliki risiko tinggi tertular penyakit, termasuk Covid-19. Kebutuhan akan alat pelindung diri (APD) meningkat tajam seiring dengan terus mewabahnya virus corona di Indonesia.

Dengan risiko tinggi, petugas medis terpaksa mencari alternatif untuk melindungi dirinya dari paparan penyakit menular itu.

Salah seorang petugas Puskesmas di Kabupaten Bandung yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, APD merupakan kebutuhan pokok bagi petugas medis, namun dengan kondisi seperti ini pemerintah hanya memberikan APD alakadarnya seperti masker juga sarung tangan karet.

"APD standar hanya diberikan kepada petugas di Rumah Sakit, kalau Puskemas tidak diberikan," tuturnya, Minggu (5/4/2020).

Padahal kata dia, semua petugas medis termasuk di Puskesmas memiliki risiko sama. Terlebih Puskesmas sampai saat ini masih membuka layanan bagi masyarakat yang bisa saja telah terpapar Covid-19 namun belum ada gejala.

Sadar akan keselamatan diri dan belum adanya saluran APD dari pemerintah, banyak petugas medis di Puskesmas yang terpaksa merogoh kantong sendiri untuk mengenakan ADP. Beberapa di antaranya hanya mengenakan jas hujan, sebagian lagi membuat sendiri di tukang jahit.

"Takut juga kalau sampai tertular. Makanya banyak yang membuat ADP sendiri yang alakadarnya," ucapnya.

Selain  itu petugas medis juga membiasakan membawa pakaian ganti. Pakaian yang dikenakan saat melayani masyarakat tidak dibawa ke rumah karena ditakutkan ada virus yang menempel.

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
April 05, 2020 at 04:25PM
https://ift.tt/34a8Z8o

Kekurangan APD, Petugas Medis Kabupaten Bandung Cari Alternatif Lain - ayobandung.com
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kekurangan APD, Petugas Medis Kabupaten Bandung Cari Alternatif Lain - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.