Search

ACT Cari Lebih Dari 1.000 Relawan Bantu Masyarakat Terdampak Banjir - Jawa Pos

JawaPos.com – Demi membantu masyarakat yang daerahnya terendam banjir, Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuka posko bantuan di wilayah sekitaran Jakarta. Saat ini terdapat lebih dari 500 anggota tim yang turun untuk melakukan evakuasi hingga bantuan medis.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), disebutkan terdapat 169 titik banjir di kawasan Jabodetabek. Maka dari itu, pihak ACT menyebutkan bahwa tengah mencari relawan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Itu yang 500 baru tim inti, untuk di posko, dapur umum dan rescuer, untuk relawan kita perlu sangat banyak, bayangan kami itu harus lebih 1.000 relawan untuk menangani di 169 titik (banjir),” ujar Presiden ACT Ibnu Khajar di kantornya, Kamis (2/1).

Menurut Ibnu, relawan yang mendaftar diharuskan memiliki keahlian. Misalnya, untuk relawan yang melakukan evakuasi harus memiliki keterampilan dalam berenang.

“Kalau medis, itu yang kita butuhkan adalah yang memiliki keahlian di bidang kesehatan, jadi kami harap relawan yang ikut bersama dengan kami relawan yang punya keahlian, jadi ketika mendaftar harus disampaikan keahliannya apa. Mereka yang tidak punya keahlian khusus sebaiknya bantu di posko untuk relief, bantuan kemanusiaan,” katanya.

Dalam memberikan bantuan makanan, ia mengatakan pihaknya sangat menjaga kandungan gizi yang dibutuhkan para pengungsi. “Kita nggak izinkan makanan seperti yang instan, takutnya masyarakat imunitasnya belum baik, anak-anak juga akan diperhatikan lewat dapur umum kita. Relawan yg masuk ke posko harus paham ini, kalau tidak nanti mereka masuk ke posko kita malah sakit,” ungkapnya.

Bagi masyarakat yang menjadi relawan dapat mengunjungi relawan.id atau mengikuti media sosial Masyarakat Relawan Indonesia. “Kita ta sedang call for volunteer, kita sedang mobilisasi besar-besaran demi kemanusiaan,” tutupnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
January 03, 2020 at 09:41AM
https://ift.tt/39xuFxD

ACT Cari Lebih Dari 1.000 Relawan Bantu Masyarakat Terdampak Banjir - Jawa Pos
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "ACT Cari Lebih Dari 1.000 Relawan Bantu Masyarakat Terdampak Banjir - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.