Search

Cari Kepala Arca Ganesha, BPCB Akan Ekskavasi Lanjutan di Dieng - Detiknews

Banjarnegara - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah berencana akan menggelar ekskavasi lanjutan di tempat ditemukannya arca Ganesha terbesar. Ekskavasi ini dilakukan untuk mencari kepala arca Ganesha.

"Untuk ekskavasi lanjutan kami berencana melakukan itu. Apalagi, kepala arca ini juga belum ditemukan. Tetapi, kami masih melakukan koordinasi dengan pihak-pihak lain, termasuk soal anggaran untuk ekskavasi," terang Ketua Unit Candi Dieng BPCB Jawa Tengah Eri Budiarto saat dihubungi detikcom, Selasa (7/1/2020).


Saat ini, pihaknya akan membersihkan arca tersebut sambil melakukan kajian lebih dalam sebelum ekskavasi lanjutan. Arca yang sudah ditemukan ini disebut penemuan arca terbesar. Sebab tinggi arca biasanya antara 80-90 cm sedangkan arca yang baru ditemukan memiliki tinggi 140 cm dengan lebar 120 cm. "Untuk lebih jelasnya, kami masih harus melakukan kajian lebih dalam lagi soal temuan arca Ganesha ini. Tetapi ini bisa menjadi wawasan, pengetahuan dan data-data yang belum bisa diungkat di situs Dieng," bebernya.

Setelah proses pemindahan tubuh arca Ganesha terbesar ini, pemilik kebun kentang bisa kembali menggarap lahannya. Mengingat menanam kentang tak butuh penggalian tanah sedalam lebih dari 50 sentimeter.

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
January 07, 2020 at 06:47PM
https://ift.tt/39GEJ7H

Cari Kepala Arca Ganesha, BPCB Akan Ekskavasi Lanjutan di Dieng - Detiknews
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cari Kepala Arca Ganesha, BPCB Akan Ekskavasi Lanjutan di Dieng - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.