Search

Ekonomi India Melambat, Masyarakat Kesulitan Cari Pekerjaan - Okezone Economy

JAKARTA – Puluhan ribu migran membanjiri Kota Gurugram yang kini dipenuhi gedung perkantoran modern. Di mana, migran tersebut datang untuk mencari pekerjaan.

Kota Gurugram yang terletak di pinggiran kota New Delhi telah berubah dari perkampungan menjadi kawasan bisnis yang sibuk dalam waktu 15 tahun terakhir.

 Baca juga: Cara India Bangkit dari Keterpurukan Ekonomi

Banyak proyek konstruksi besar dan pabrik-pabrik memudahkan orang mendapat pekerjaan di kota yang tumbuh bersamaan dengan kemajuan ekonomi India selama satu dasawarsa. Pertumbuhan ekonomi India antara 2006-2016 telah mengangkat 270 juta warganya keluar dari jurang kemiskinan.

Mengutip VoA Indonesia, Jakarta, Selasa (18/2/2020), di antara warga India itu terdapat Javad Khan yang tiba di Gurugram 10 tahun lalu. Ketika ia mencari pekerjaan, cara termudah adalah pergi ke persimpangan jalan di mana banyak buruh sedang menunggu jemputan dari para kontraktor.

 Baca juga: Kesulitan Dana, Maskapai ini Beri Awak Penerbangan Makanan Rendah Lemak

“Ketika saya baru datang dulu, saya bisa mendapat gaji yang baik,” katanya.

Namun akhir-akhir ini, cukup menyedihkan dirinya. Di mana, Jayad harus menunggu lama di persimpangan jalan untuk mendapat pekerjaan. Menurutnya, seribu orang pekerja berkumpul di sana tiap hari, tetapi hanya 30 sampai 40 orang yang mendapat pekerjaan. Sisanya harus pulang dengan tangan hampa.

 Baca juga: Mantan Menkeu dan Arsitek Reformasi Ekonomi India Tutup Usia

Jumlah calon pekerja yang terus naik itu tidak mengherankan karena tidak banyak gedung baru yang dibangun. Hal itu disebabkan pertumbuhan ekonomi India anjlok ke tingkat terendah dalam satu dasawarsa, yaitu dari 8%empat tahun lalu menjadi 5% yang diperkirakan sampai akhir tahun fiskal pada Maret ini.

Perlambatan dalam sektor konstruksi, pemberi pekerjaan terbesar kedua setelah pertanian, menunjukkan betapa perekonomian India sangat melambat. Ini merupakan pukulan hebat bagi jutaan orang yang menggantungkan hidup dari pekerjaan di kota-kota. Perekonomian di pedesaan juga sangat tergantung pada pengiriman uang dari pekerja yang pergi ke kota-kota.

(rzy)

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
February 18, 2020 at 05:09PM
https://ift.tt/2V0ggoR

Ekonomi India Melambat, Masyarakat Kesulitan Cari Pekerjaan - Okezone Economy
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ekonomi India Melambat, Masyarakat Kesulitan Cari Pekerjaan - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.