Search

Usul Kasus Pidana Ditangani Polres, Mahfud Md: Agar Polsek Tak Cari-cari Kasus - Nasional Tempo.co

Tempo.co, Jakarta - Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud Md mengusulkan agar perkara pidana nantinya akan diurus oleh Kepolisian Resor (Polres). Usulan tersebut disampaikan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pertemuan tertutup di Istana Negara, Jakarta pada hari ini, Rabu, 19 Februari 2020.

Mahfud mengatakan selama ini melihat penilaian untuk Polsek diukur menggunakan sistem kejar target. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan ini khawatir kalau tidak menemukan kasus pidana lantas Polsek dianggap tidak bekerja.

"Lalu kasus yang kecil-kecil yang ditonjolkan. Seharusnya diselesaikan dengan restorative justice, perdamaian, dan kekeluargaan, sehingga polsek tidak cari-cari perkara," ujar Mahfud di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 19 Februari 2020.

Lagipula, kata Mahfud, kejaksaan dan pengadilan juga hanya ada di tingkat kabupaten atau kota. "Kenapa kok Polsek ikut-ikutan? Meski begitu usul ini masih akan diolah lebih lanjut," ujar Mahfud.

Menkopolhukam menyebut pendekatan restorative justice harus dikedepankan dalam menangani perkara pidana. Untuk pidana ringan seperti mencuri semangka, kata Mahfud, seharusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan saja. "Jangan apa-apa KUHP dan KUHAP, sehingga orang mencuri semangka aja dihukum dengan KUHP," ujar dia.

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
February 19, 2020 at 12:26PM
https://ift.tt/3bPQg5x

Usul Kasus Pidana Ditangani Polres, Mahfud Md: Agar Polsek Tak Cari-cari Kasus - Nasional Tempo.co
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Usul Kasus Pidana Ditangani Polres, Mahfud Md: Agar Polsek Tak Cari-cari Kasus - Nasional Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.