Search

Harbolnas 12.12, Sulbar dan Banten Paling 'Ganas' Cari Promo - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Hari belanja online nasional yang kemudian dikenal dengan Harbolnas 12.12 kembali digelar hari ini. Berdasarkan studi CupoNation, jumlah orang Indonesia yang menaruh perhatian dan menelusuri kampanye Harbolnas terus melonjak di dua tahun terakhir.

Berdasarkan penelusuran kata kunci 12.12 melalui mesin pencari google saat puncak perayaan Harbolnas atau promo 12.12, antusiasme tersebut meningkat hingga 165 persen di tahun 2017 dibanding tahun 2016.

"Jumlah itu kembali melonjak tajam hingga 682 persen pada tahun 2018 dibandingkan tahun 2017," tulis rilis CupoNation yang diterima redaksi, Kamis (12/12).

Jika dilihat dari sumber wilayah dengan popularitas volume pencarian untuk kata kunci 12.12 tertinggi, maka setidaknya terdapat 5 wilayah di Indonesia yang masyarakatnya sangat antusias terhadap pesta belanja online 12.12 di dua tahun terakhir.

"Dua wilayah paling tinggi adalah Sulawesi Barat (Sulbar) dan kedua adalah Banten," tulis CupoNation.


Menyusul setelah Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, dan Sumatra Barat. Di tahun 2017, wilayah yang masyarakatnya memiliki atensi tertinggi terhadap pesta belanja online 12.12 adalah Nusa Tenggara Barat, disusul oleh Kepulauan Riau, Banten, Kalimantan Barat dan Lampung.

Adapun situs belanja online yang paling banyak dicari pada mesin pencari Google dalam dua tahun terakhir di Harbolnas adalah Shoppe dan disusul oleh Lazada.

Shopee berhasil melesat di urutan pertama saat pekan harbolnas dimana sebelumnya menduduki peringkat ke-3 di tahun 2017. Menyusul setelah Lazada adalah Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli.

Di tahun 2017, Lazada merupakan situs yang paling banyak dicari oleh pemburu diskon di Indonesia. Selanjutnya disusul oleh beberapa situs belanja online lain yaitu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Blibli

Jumlah penelusuran untuk kata kunci 12.12 dalam studi ini dianalisa melalui Google Keyword Planner untuk periode 1 Januari 2016 sampai 31 Desember 2018.

[Gambas:Video CNN]

Wilayah di Indonesia yang masyarakatnya paling antusias terhadap Harbolnas diukur berdasarkan wilayah dimana istilah 12.12 merupakan yang paling populer di tahun 2018 menurut Google Trends.

Nilai kepopuleran dihitung menggunakan skala dari 0 sampai 100, dengan nilai 100 adalah lokasi yang paling populer dari total penelusuran di lokasi tersebut, nilai 50 menunjukkan wilayah dengan popularitas separuhnya.

Sebagai catatan, semakin tinggi nilai berarti semakin tinggi proporsi untuk semua kueri. Sehingga wilayah dengan yang berpopulasi rendah dengan kueri '12.12' sebanyak 80 persen akan mendapat nilai 2 kali lebih besar dibanding wilayah berpopulasi besar yang hanya memiliki persentase 40 persen untuk kueri '12.12'.


Data 5 situs toko online terpopuler saat pekan Harbolnas dianalisa dengan membandingkan situs toko online yang memiliki volume penelusuran tertinggi saat pekan pesta belanja online Harbolnas yakni pada periode 1 Desember 2018 hingga 14 Desember 2018

Harbolnas sendiri pertama kali digelar pada 12 Desember 2012. Kampanye ini dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan belanja online yang aman dan nyaman dan bisa dilakukan kapan saja.

Selain itu, gelaran ini juga ditujukan untuk memajukan industri ecommerce di Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet yang tinggi.

(DAL)

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
December 12, 2019 at 02:21PM
https://ift.tt/38sdFZ8

Harbolnas 12.12, Sulbar dan Banten Paling 'Ganas' Cari Promo - CNN Indonesia
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harbolnas 12.12, Sulbar dan Banten Paling 'Ganas' Cari Promo - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.