Search

Jokowi Beri Arahan ke Erick Thohir Cari Dirut PLN Berpengalaman | merdeka.com - merdeka.com

Jokowi Beri Arahan ke Erick Thohir Cari Dirut PLN Berpengalaman Presiden Jokowi. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk mencari figur berpengalaman sebagai calon Direktur Utama (Dirut) PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero).

"Dalam artikan kategorinya mencari figur yang memang pengalaman karena kan memang kalau listrik ini sangat menjadi krusial, tidak hanya kehidupan sehari-hari masyarakat tapi juga bagian peningkatan daripada ekonomi," kata Erick dikutip dari laman Setkab di Jakarta, Rabu (11/12).

Erick mengatakan, yang penting sekali ke depan siapapun yang terpilih nanti punya komitmen itu. Apalagi kalau tidak ada pembangunan baru power plant nanti sampai tahun 2023 akan kekurangan listrik.

"Apalagi kalau ekonomi akan terus tumbuh di 5 persen maka listrik menjadi bahan yang penting."

Mengenai nama mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang disebut-sebut sudah diputuskan menjadi Dirut PLN, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, sampai saat ini belum ada keputusan.

"Kalau secara bursa ya masuk. Cuma kalau ditentukannya masih dalam proses," ungkap Erick seraya menambahkan, kalau diproses melalui Tim Penilai Akhir (TPA) selalui harua ada 3 calon.

Soal nama menteri lain seperti mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, menurut Erick, belum ada di proses TPA. Sehingga dirinya tidak bisa berkomentar. Menurut Menteri BUMN itu, keputusan mengenai nama definitif Dirut PLN akan dilakukan setelah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Garuda Indonesia pada Januari mendatang.

1 dari 2 halaman

Rudiantara Kandidat Kuat Jadi Dirut PLN

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Rudiantara jadi kandidat terkuat dari hasil tim penilai akhir (TPA), sebab dinilai bisa mengatasi berbagai target yang harus dikejar PLN.

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan, awalnya ada tiga nama yang menjadi kandidat untuk mengisi jabatan Direktur Utama PLN, di antaranya Rudiantara dan Sripeni Inten Cahyani yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana tugas Direktur Utama PLN.

"Jadi ada tiga yang diusulkan, Rudi Antara, Inten. Yang terbaik untuk kondisi saat ini Rudiantara," kata Arya, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (9/12).

Dia melanjutkan, nantinya bakal banyak pekerjaan yang harus diselesaikan Dirut PLN baru. Misalnya, mengejar target penyediaan listrik sebanyak 35 ribu megawatt dan mengurangi impor energi. Hal ini sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi untuk mengurangi impor di Indonesia.

"Pak Jokowi juga bilang impor harus ditekan terus. Pak Rudi Antara orang yang tepat untuk itu," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Bukan Orang Baru di PLN

Terlebih lagi, Rudiantara bukan orang baru di lingkungan PLN. Dia pernah menjadi Wakil Direktur Utama PLN pada tahun 2008-2009. "Pak Rudiantara sudah lama dengan PLN," ujarnya.

Namun, terkait pengangkatan Rudiantara sebagai menteri tinggal menunggu rapat umum pemegang saham (RUPS) yang bakal diadakan dalam waktu dekat. Arya menambahkan, nantinya Rudiantara juga akan memiliki wakil yang bakal membantunya bekerja.

Jabatan baru ini dihadirkan untuk memperkuat PLN mencapai targetnya. Apalagi bakal banyak isu yang terjadi, salah satunya tentang energi terbarukan.

"Karena kebutuhannya tinggi makanya diperkuat," kata Arya.

[idr]

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
December 11, 2019 at 09:00PM
https://ift.tt/35oY8Hq

Jokowi Beri Arahan ke Erick Thohir Cari Dirut PLN Berpengalaman | merdeka.com - merdeka.com
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Beri Arahan ke Erick Thohir Cari Dirut PLN Berpengalaman | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.