Search

BPIP: Rocky Gerung Cuma Cari Perhatian, Apa Dia Paham Pancasila Utuh? - detikNews

Jakarta - Rocky Gerung menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak paham dengan Pancasila hingga akhirnya muncul tagar #RockyGerungMenghinaPresiden di Twitter. Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Antonius Benny Susetyo menilai pernyataan Rocky itu hanya retorika untuk mencari perhatian.

"Rocky Gerung itu nggak perlu direspons berlebihan. Karena memang dia, apa yang dilakukan dia itu retorika. Dalam ilmu komunikasi itu, retorika itu selalu membangun opini-opini, yang dia bangun itu untuk menimbulkan hiperbola itu. Jadi sesuatu yang kecil dibesar-besarkan supaya menarik perhatian, mencuri panggung. Supaya dia menjadi pusat perhatian segalanya itu. Padahal yang diomongkan kan tidak ada yang substansial. Apa yang substansial," kata Romo Benny kepada wartawan, Rabu (12/4/2019).

Romo Benny menilai, Rocky pun tak memahami ideologi Pancasila. Apa yang disampaikan Rocky, menurut dia, hanyalah argumentasi untuk menihilkan orang lain, termasuk Jokowi.

"Ideologi Pancasila itu kita harus memahami sejarah lahirnya, kan itu jadi kesepakatan bersama dan sejak BPUPKI ketika Radjiman mengatakan dasar kita Pancasila itu diterima. Dan dasar Pancasila itu yang menyatukan kita. Memang dalam aplikasi semuanya tidak pernah sempurna. Sekarang apakah Rocky Gerung memahami Pancasila secara utuh? Kan belum tentu paham. Jadi sebenernya ini dia hanya mencari perhatian, mencari sensasi dengan membangun retorika," tuturnya.

"Nah retorika itu selalu menggunakan argumentasi yang menihilkan seseorang. Seseorang dianggap tidak tahu apa-apa. Seseorang dianggap bersalah. Tapi belum tentu dia mampu untuk menjalankan apa yang diomongkan. Jadi energi kita nggak perlu merespons secara berlebihan lah," sambung Romo Benny.

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
December 04, 2019 at 02:42PM
https://ift.tt/35XomAX

BPIP: Rocky Gerung Cuma Cari Perhatian, Apa Dia Paham Pancasila Utuh? - detikNews
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BPIP: Rocky Gerung Cuma Cari Perhatian, Apa Dia Paham Pancasila Utuh? - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.