Search

Menkominfo Cari Posisi Eselon III dan IV yang Bisa Digantikan Mesin - Katadata.co.id

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan sedang menyusun proses penggantian peran pegawai eselon III dan IV Kementerian Kominfo dengan kecerdasan buatan (AI). Saat ini ia sedang menggodok posisi pegawai yang bisa digantikan mesin.

Johnny memberi contoh di kementeriannya sudah tidak ada lagi pegawai yang menerima dokumen, membuat memo, hingga disposisi surat secara manual. Namun ia tak memberitahu kapan penggantian pegawai dengan AI mulai diimplementasikan 

“Kami sedang susun secara internal yang bisa beralih fungsi,” kata Johnny di Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (6/12).

(Baca: Jokowi Ingin Ganti ASN Eselon III dan IV dengan Robot dan Mesin Pintar)

Ia mengatakan permintaan Presiden Joko Widodo untuk mengganti peran eselon III dan IV dengan AI relevan dengan perkembangan digital saat ini. Pegawai yang ada bisa dialihkan pada fungsi lainnya sehingga tidak perlu ada yang khawatir terhadap rencana penggantian peran PNS dengan robot.

"Robot juga bisa membuat pekerjaan baru untuk manusia. Jadi jangan resisten terhadap perkembangan teknologi," kata Johnny.

Salah satu teknologi yang sudah digunakan pemerintah guna memangkas kerja pegawai adalah online single submission (OSS). Johnny juga menjelaskan kementerian dan lembaga perlu menyesuaikan kebutuhan pegawai masing-masing untuk menggantikan dengan AI.

(Baca: Bappenas Akan Ganti PNS Eselon III & IV Dengan Kecerdasan Buatan)

Rencana ini disampaikan Jokowi akhir November lalu. Jokowi beralasan penggunaan kecerdasan buatan ini agar birokrasi di Indonesia semakin cepat dan tidak berbelit-belit seperti saat ini. “Kami putuskan (ASN eselon III dan IV) diganti dengan AI,” kata dia.

Meski demikian, Presiden menyampaikan bahwa penggantian ASN eselon III dan IV dengan AI bergantung pada pembentukan omnibus law. Aturan tersebut rencananya bakal memangkas 70 hingga 74 Undang-undang (UU) yang ada saat ini.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
December 06, 2019 at 10:06PM
https://ift.tt/2LvWWKB

Menkominfo Cari Posisi Eselon III dan IV yang Bisa Digantikan Mesin - Katadata.co.id
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menkominfo Cari Posisi Eselon III dan IV yang Bisa Digantikan Mesin - Katadata.co.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.